Persiapan Kemerdekaan dan Perumusan Dasar Negara | Rangkuman IPS Kelas 6 SD untuk Ujian Sekolah

Persiapan Kemerdekaan dan Perumusan Dasar Negara | Rangkuman IPS Kelas 6 SD untuk Ujian Sekolah

Pada kali ini website ujiansekolah.com akan membahas tentang rangkuman materi pelajaran IPS untuk kelas 6 SD.
Materi rangkuman IPS untuk kelas 6 SD ini diharapkan bisa mempermudah siswa dalam belajar dan mengingat materi pelajaran yang sudah diberikan.

Rangkuman materi pelajaran IPS dibagi beberapa bahasan antara lain :


4.PERSIAPAN KEMERDEKAAN INDONESIA DAN PERUMUSAN DASAR NEGARA

  • Beberapa usaha untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia, yaitu:

    1. Pembentukan BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). BPUPKI ini diresmikan pada 29 Mei 1945. Ketuanya adalah dr. Radjiman Wedyodiningrat. BPUPKI bertugas mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting yang berkenaan dengan masalah tata pemerintahan

    2. Pembentukan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). PPKI bertugas mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno. Hal-hal penting yang dilakukan oleh PPKI, yaitu:

      a. Menetapkan dan mengesahkan UUD 1945
      b. Memilih dan mengangkat Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden.
      c. Membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) yang bertugas membatu presiden dan wakil presiden sebelum lembaga resmi terbentuk.


  • Tokoh-tokoh yang berperan dalam mempersiapkan kemerdekaan, antara lain Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, Prof. Dr. R. Soepomo, S.H., Prof. Dr. R. Soepomo, S.H., dan Prof. Mohammad Yamin, S.H.

  • PPKI dibentuk setelah BPUPKI menyelesaikan tugasnya. PPKI diketuai oleh Ir. Soekarno. Lembaga ini bertugas mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan masalah ketatanegaraan bagi Indonesia baru. PPKI melakukan beberap kali persidangan. Hasil persidangan PPKI, antara lain: mengesahkan UUD 1945, memilih Presiden dan Wakil Presiden, membentuk 12 departemen, dan menetapkan pembagian wilayah negara RI menjadi 8 provinsi.

  • Bentuk negara dan dasar negara dibahas secara sungguh-sungguh oleh anggota BPUPKI dan PPKI. Banyak tokoh yang mengusulkan bentuk negara. Selain itu, ada tiga tokoh yang mengusulkan dasar negara, yaitu Mohammad Yamin, Supomo, dan Soekarno. Nama “Pancasila” untuk dasar negara diusulkan oleh Ir. Soekarno.

  • Rumusan dasar negara, Pancasila, terdapat dalam Pembukaan Undang- Undang Dasar 1945. Rumusan dasar negara dalam Pembukaan UUD 1945 berbunyi:

    1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
    2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
    3. Persatuan Indonesia
    4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/ perwakilan
    5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.