Peristiwa Sekitar Proklamasi | Rangkuman IPS Kelas 6 SD untuk Ujian Sekolah

Peristiwa Sekitar Proklamasi | Rangkuman IPS Kelas 6 SD untuk Ujian Sekolah

Pada kali ini website ujiansekolah.com akan membahas tentang rangkuman materi pelajaran IPS untuk kelas 6 SD.
Materi rangkuman IPS untuk kelas 6 SD ini diharapkan bisa mempermudah siswa dalam belajar dan mengingat materi pelajaran yang sudah diberikan.

Rangkuman materi pelajaran IPS dibagi beberapa bahasan antara lain :


5.PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI

  • Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 sangat penting bagi bangsa Indonesia. Proklamasi Kemerdekaan menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajahan. Proklamasi Kemerdekaan juga menandai lahirnya Negara Indonesia.

  • Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikuasai oleh Jepang. Namun kedudukan Jepang mulai terdesak oleh pasukan Sekutu. Pada akhirnya, Jepang menyerah tanpa syarat pada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Ini merupakan kesempatan emas bagi Bangsa Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaan.

  • Untuk memproklamasikan kemerdekaan negara bukanlah hal yang mudah. Tokoh-tokoh bangsa golongan muda dan golongan tua berbeda pendapat tentang cara memproklamasikan kemerdekaan.Golongan muda menginginkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di luar rapat PPKI. Karena mereka menganggap bahwa PPKI adalah lembaga buatan Jepang. Sementara golongan tua berpendapat sebaiknya Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan dalam rapat PPKI. Hal ini dilakukan untuk menghindari pertumpahan darah. Sukarno-Hatta dibawa oleh para pemuda dan dibawa ke Rengasdengklok.

  • Proklamasi Kemerdekaan akan dilakukan tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta. Naskah Proklamasi pun dirumuskan di rumah Laksamana Maeda oleh Sukarno, Hatta, dan Ahmad Subarjo. Konsep naskah proklamasi ditulis oleh Sukarno. Setelah itu naskah itu diketik oleh Sayuti Melik.

  • Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan di kediaman Sukarno,yaitu di Jalan Pegangsaan Timur No. 56. Sekitar pukul 10.00 Bung Karno di dampingi Bung Hatta memproklamasi kemerdekaan Indonesia. Setelah itu, dilakukan pengibaran Sang Saka Merah Putih diiringi nyanyian lagu Indonesia Raya.