Keseimbangan Ekosistem | Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD

Keseimbangan Ekosistem | Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD


Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD Pada kali ini website ujiansekolah.com akan membahas tentang rangkuman materi pelajaran IPA untuk kelas 6 SD. Materi rangkuman IPA untuk kelas 6 SD ini diharapkan bisa mempermudah siswa dalam belajar dan meningat materi pelajaran yang sudah diberikan.

Adapun rangkuman materi pelajaran IPA dibagi beberapa bahasan antara lain :

Catatan :
Dibagian paling bawah ada lanjutan dari materi berikutnya.silahkan klik materi tersebut untuk membacanya.




4. Keseimbangan Ekosistem

Makhluk hidup saling berinteraksi atau berhubungan dalam kehidupan ini. Bentuk hubungan dapat terjadi antara tumbuhan dengan tumbuhan, hewan dengan hewan, dan tumbuhan dengan hewan. Bentuk hubungan tersebut membentuk suatu rangkaian makan memakan yaitu rantai makanan. Hewan dan tumbuhan yang membentuk rantai makanan tersebut hidup pada suatu lingkungan dan saling berinteraksi. Interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan itu disebut ekosistem.


Setiap ekosistem terdiri dari dua komponen yaitu komponen bitoik yang terdiri dari semua makhluk hidup dan komponen abiotik yang terdiri dari makhluk tak hidup.
Ekosistem dapat mengalami perubahan secara alamiah dan pengaruh kegiatan manusia.

Berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi ekosistem suatu lingkungan adalah sebagai berikut:
  1. Penebangan dan pembakaran hutan secara liar dapat menyebabkan suatu lingkungan menjadi tandus, banjir, dan kematian hewan dan tumbuhan hutan.
  2. Perburuan liar dapat menyebabkan musnahnya suatu jenis makhluk hidup.
  3. Penggunakan pupuk dan pestisida secara berlebihan dapat menyebabkan kematian dan terganggunya kehidupan makluk hidup yang lain.
  4. Pembuangan limbah dapat menyebabkan terjadinya pencemaran air, tanah, dan udara.


Pemanfaatan bagian tumbuhan dan hewan yang dapat menganggu keseimbangan lingkungan adalah sebagai berikut:
  1. Penebangan beberapa jenis tumbuhan (pohon jati dan gaharu) yang dapat dimanfaatkan manusia dan tidak diikuti penanaman kembali.
  2. Mengambil tanaman anggrek di hutan-hutan secara keseluruhan menyebabkan jenis anggrek mengalami kepunahan.
  3. Memburu hewan di hutan (gajah, harimau, dan ular) sehingga jumlahnya menjadi berkurang.
  4. Memburu buaya untuk diambil kulitnya.


Pemanfaatan hewan dan tumbuhan yang tidak disertai dengan pengembangbiakan akan mengganggu keseimbangan alam. Oleh karena itu manusia perlu mengembangbiakkannya.
Bagian tubuh tumbuhan yang dimanfaatkan manusia antara lain buah, daun, batang, serta akarnya. Pemanfaatan batang tumbuhan dapat mematikan tumbuhan tersebut. Oleh karena itu kita juga harus mengembangbiakkannya agar tidak punah.