Perkembangbiakan Manusia | Rangkuman IPA Kelas 6

Perkembangbiakan Manusia | Rangkuman IPA Kelas 6


Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD Pada kali ini website ujiansekolah.com akan membahas tentang rangkuman materi pelajaran IPA untuk kelas 6 SD. Materi rangkuman IPA untuk kelas 6 SD ini diharapkan bisa mempermudah siswa dalam belajar dan meningat materi pelajaran yang sudah diberikan.

Adapun rangkuman materi pelajaran IPA dibagi beberapa bahasan antara lain :

Catatan :
Dibagian paling bawah ada lanjutan dari materi berikutnya.silahkan klik materi tersebut untuk membacanya.




2. Perkembangbiakan Manusia dan Hewan

Setiap makhluk hidup berusaha melestarikan jenisnya dari kepunahan. Oleh karena itu, setiap makhluk hidup memliki kemampuan untuk berkembang biak. Berkembang biak artinya menghasilkan makhluk hidup baru dengan mewariskan sifat-sifat yang dimiliki kepada keturunannya.


Perkembangbiakan Pada Manusia

  • Perkembangan dan pertumbuhan manusia setelah dilahirkan diawali dari bayi, lalu bekembang menjadi anak-anak, remaja, dewasa, dan usia lanjut.

  • Pada masa pubertas, tubuh laki-laki dan perempuan mengalami perubahan untuk persiapan berkembang biak.

  • Perubahan pada laki-laki antara lain telah mulai mimpi basah, dada terlihat bidang, tumbuh kumis dan jenggot, tumbuh jakun, suara lebih berat, organ kelamin membesar.

  • Perubahan pada perempuan antara lain telah mengalami menstruasi (haid), payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut halus di bagian-bagian tertentu dari tubuh.

Perkembangbiakan Pada Hewan
Perkembangbiakan secara generatif (kawin), yaitu individu baru (anak) merupakan hasil perkawinan antara induk jantan dan induk betina. Perkembangbiakan hewan secara generatif dapat dibedakan menjadi tiga,yaitu bertelur (ovipar), melahirkan (vivipar), dan bertelur melahirkan (ovovivipar).
  1. Ovipar
    Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur disebut ovipar.Beberapa hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur misalnya ikan, serangga, ayam, kadal, katak, dan buaya.
  2. Vivipar
    Hewan yang berkembang biak secara melahirkan disebut vivipar. Kerbau, kijang, kucing, anjing, kuda, kambing, sapi, gajah, orang utan, kanguru, harimau, dan kelinci termasuk contoh hewan yang berkembang biak secara melahirkan.
  3. Ovovivipar
    Hewan yang berkembang biak secara bertelur dan melahirkan disebut ovovivipar. Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara demikian adalah ikan hiu, beberapa jenis ular, dan kadal.