Isolator dan Konduktor Panas | Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD

Isolator dan Konduktor Panas | Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD


Rangkuman Materi IPA kelas 6 SD Pada kali ini website ujiansekolah.com akan membahas tentang rangkuman materi pelajaran IPA untuk kelas 6 SD. Materi rangkuman IPA untuk kelas 6 SD ini diharapkan bisa mempermudah siswa dalam belajar dan meningat materi pelajaran yang sudah diberikan.

Adapun rangkuman materi pelajaran IPA dibagi beberapa bahasan antara lain :

Catatan :
Dibagian paling bawah ada lanjutan dari materi berikutnya.silahkan klik materi tersebut untuk membacanya.




5. Isolator dan Konduktor Panas

Pada umumnya, perpindahan panas melalui zat perantara, baik benda padat, cair, atau gas. Benda-benda yang ada di sekitar kita dapat menghantarkan panas, namun ada juga yang kurang atau bahkan tidak menghantarkan panas.


Panas disebut juga kalor. Panas atau kalor merupakan suatu bentuk energi.Temperatur atau suhu adalah ukuran panas atau dinginnya suatu benda.Panas atau kalor dapat merambat atau berpindah. Perpindahan kalor terjadi dari benda yang lebih panas ke benda yang lebih dingin.



Berdasarkan sifat penghantar panas, benda dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu konduktor dan isolator.
  • Konduksi adalah peristiwa perpindahan panas dari zat yang bersuhu tinggi ke zat yang bersuhu rendah melalui suatu bahan penghantar.
    Konduktor panas adalah benda yang cepat atau dapat menghantarkan panas dengan baik. Contoh bahan konduktor panas adalah logam dan kaca.
    Logam dan kaca bersifat konduktor sehingga digunakan untuk membuat alat-alat masak atau alat rumah tangga, seperti wajan, cerek, panci, dan setrika.
    Besi lebih cocok sebagai bahan untuk membuat setrika dibandingkan dengan alumunium. Besi merupakan logam yang menghantarkan panas secara bertahap. Besi juga bersifat berat sehingga lebih mudah menghaluskan pakaian.

  • Isolator panas adalah benda yang lambat atau tidak dapat menghantarkan panas. Contoh bahan isolator panas adalah kayu, plastik atau ebonit, dan kain.
    Kayu, plastik, dan kain bersifat isolator sehingga digunakan untuk membuat alat- alat rumah tangga, seperti: gagang sodet, gagang wajan, pegangan cerek,dan pegangan setrika.