Hari Akhir (Kiamat) | Rangkuman Materi PAI Kelas 6 SD

Hari Akhir (Kiamat) | Rangkuman Materi PAI Kelas 6 SD

Rangkuman Materi Pendidikan Agama Islam untuk kelas 6 SD. Materi ini dibuat untuk mempermudah siswa dalam belajar.Rangkuman materi PAI kelas 6 SD ini terdiri dari beberapa pembahasan.

Ada beberapa bahasan pada rangkuman materi Pendidikan Agama Islam untuk kelas 6 antara lain:

Catatan:
Lihat bagian bawah postingan ada materi berikutnya. untuk melanjutkan materi selanjutnya tinggal klik tombol materi tersebut

3. Hari Akhir

1.Pengertian Hari Kiamat

Hari akhir disebut juga hari kiamat atau yaumul-qiyamah. Hari akhir adalah hari berakhirnya seluruh kehidupan di alam semesta. Alam semesta beserta isinya termasuk manusia akan hancur lebur dan mati. Kemudian akan ada kehidupan yang kedua yaitu kehidupan di alam akhirat atau alam baka (alam untuk hidup selamanya).


2.Macam-macam Kiamat

Kiamat itu ada dua macam. Yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra.
  1. Kiamat Sugra atau Kiamat Kecil

    Kiamat sugra disebut juga kiamat kecil. Artinya, berakhirnya sebagian alam atau kehidupan manusia. Gunung meletus, gempa bumi, dan Tsunami, adalah contoh kiamat sughra. Kematian hewan atau manusia juga merupakan contoh kiamat sugra. Setiap manusia pasti akan mati. Kalian juga akan mati. Tidak ada seorangpun yang tahu kapan kematian itu datang. Tidak ada seorangpun yang bisa mengelak, meminta untuk dimajukan atau dimundurkan waktu kematiannya

  2. Kiamat kubra disebut juga kiamat besar.

    Kiamat kubra disebut juga kiamat besar. Artinya, berakhirnya atau hancurnya kehidupan di alam semesta. Bumi bergoncang dengan dasyat, planet–planet dan bintang-bintang di angkasa bertabrakan, gunung-gunung berhamburan, matahari semakin dekat dengan bumi, dan manusia beterbaran bagai anai-anai. Hal itu sudah digambarkan oleh Allah swt. dalam Surah Az-Zalzalah ayat 1-8


3. Nama-nama Hari Akhir

Hari akhir juga memiliki banyak nama, yaitu:
  1. Yaumul Baas adalah hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur. Manusia bangkit setelah Malaikat Israfil meniup terompet sangkalala atas perintah Allah swt.

  2. Yaumul Mahsyar adalah hari dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar. Setelah bangkit dari kubur, semua manusia digiring ke Padang Mahsyar. Di tempat itulah manusia berkumpul untuk menunggu pengadilan Allah swt.

  3. Yaumul Hisab adalah diperhitungkannya amal perbuatan manusia selama hidup di dunia. Sekecil apapun amal perbuatan manusia pasti diperhitungkan oleh Allah swt. Manusia harus mempertanggungjawabkan amal perbuatannya, yang baik dan yang buruk.

  4. Yaumul mizan adalah hari ditimbangnya amal perbuatan manusia. Semua amal ditimbang oleh Allah swt. dengan seadil-adilnya dan tidak ada seorangpun yang dirugikan dalam penimbangan tersebut.

  5. Yaumul Jaza adalah hari pembalasan amal perbuatan manusia. Orang yang amal kebaikannya lebih berat akan mendapatkan balasan kenikmatan di surga. Orang yang amal kejelekannya lebih berat akan mendapatkan balasan siksa di neraka.











2 komentar

  1. Bagus sekali karena penjelasan yg tepat dan benar

    BalasHapus
  2. bagus byaaaaaaaangggggggeeettt

    BalasHapus