Bhinneka Tunggal Ika | Rangkuman Materi PPKn Kelas 6 SD

Bhinneka Tunggal Ika | Rangkuman Materi PPKn Kelas 6 SD

Pada kali ini ujiansekolah.com membahas tentang rangkuman materi muatan pelajaran PPKN kelas 6 SD. rangkuman ini dibuat untuk mempermudah dan mengingat materi pelajaran yang sudah disampaikan.

Ada beberapa Rangkuman Materi PPKN kelas 6 SD antara lain :

Catatan:
Lihat bagian bawah postingan ada materi berikutnya. klik materi tersebut untuk melanjutkan.

5. Bhinneka Tunggal Ika

Upaya yang perlu dilakukan bagi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah kita harus memahami dan mengamalkan semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang terdapat pada pita yang digenggam oleh burung Garuda Pancasila.

Istilah Bhinneka Tunggal Ika ini diambil dari Kitab Sutasoma karangan Mpu Tantular, yang berarti walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu juga. Semboyan ini sangat cocok bagi bangsa Indonesia dan perlu diemban. Seperti kita ketahui, bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, maka hal itu jangan sampai menjadi penghalang bagi bangsa Indonesia untuk bersatu menjaga dan mewujudkan satu kesatuan Negara Republik Indonesia.

Melalui semboyan Bhinneka Tunggal Ika ini, kita harus dapat menjadikan pegangan bagi masyarakat untuk mewujudkan keutuhan NKRI. Semboyan ini mengajarkan kita untuk menghindari perpecahan karena adanya perbedaan. Perbedaan yang ada justru dapat dijadikan sebagai kekayaan bangsa, sebagai modal dalam mengembangkan dan memajukan bangsa Indonesia.












#RangkumanMateri,#PPKNKelas6,