Cara Menentukan Nilai/ Skor Pada Soal Pilihan Ganda (PG)

Cara Menentukan Nilai/ Skor Pada Soal Pilihan Ganda (PG)

Tes pilihan ganda (multiple choice) merupakan soal tes yang memilih pilihan jawaban yang telah disediakan. Soal tes pilihan ganda dibuat dengan satu pertanyaan dan dengan beberapa opsi jawaban. opsi jawaban biasanya terdiri dari atas 3- 5 opsi/ pilihan jawaban. pilihan jawaban tersebut terdiri dari satu jawaban benar dan sisanya sebangai pengecoh.

Perhitungan soal tes pilihan ganda berbeda dengan soal tes uraian. Proses penskoran atau penilaian pada pilihan ganda bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan tanpa koreksi terhadap jawaban tebakan dan tanpa koreksi terhadap jawaban tebakan.

1. Skor pada soal pilihan ganda tanpa koreksi jawaban tebakan
Proses penskoran terhadap jawaban testee (yang diuji) tanpa koreksi jawaban tebakan bisa dilakukan dengan menggunakan rumus

Keterangan :
B = Jumlah item yang dijawab benar
N = jumlah item soal pilihan ganda

Contoh : suatu tes bidang studi IPA terdiri dari 50 item, tipe pilihan ganda. Anto menjawab dengan benar item sebanyak 35. Maka skor yang diperoleh Anto adalah :

Skor = 35 x 100
           50

         = 70


   Jadi skor yang diperoleh Anto dalam tes sebesar 70

2.Skor pada soal pilihan ganda dengan koreksi jawaban tebakan. Salah satu kelamahan dalam soal pilihan ganda adalah potensi tebakan testee (peserta tes) sangat besar, untuk mengurangi tingkat tebakan siswa bisa dilakukan dengan menggunakan rumus.

skor pilihan ganda
Keterangan :

A = Skor
B = Jumlah item benar
S = jumlah item salah
N = jumlah item soal pilihan ganda
P = jumlah pilihan (option)
1 = bilangan tetap

Contoh : suatu tes bidang studi IPA terdiri dati 50 item, tipe pilihan ganda.  Anto menjawab dengan benar item sebanyak 35 dan option 4. Maka skor yang diperoleh Anto adalah :
Skor =  30  x100
             50

Skor = 60

Jadi skor yang diperoleh oleh Anto adalah 60