Kurikulum Merdeka,Pengertian dan Tujuannya

Kurikulum Merdeka,Pengertian dan Tujuannya

Pengertian Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

Tujuan Kurikulum Merdeka
Tujuan Kurikulum Merdeka untuk mengatasi krisis pembelajaran (learning crisis) saat ini masih dalam proses dan evaluasi. Saat ini kewajiban menggunakan Kurikulum Merdeka baru diberlakukan pada Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan sejak tahun 2021. Sehingga sebelum diterapkan secara nasional di tahun 2024, saat ini setiap pengguna kurikulum diberikan kesempatan untuk belajar menggunakan dan menerapkan di satuan Pendidikan sehingga dapat tercapai transformasi sekolah menjadi tempat yang aman, inklusif dan menyenangkan.

Tujuan akhir dari pendidikan bagi peserta didik di setiap jenjangnya yaitu pemenuhan tiga indikator yaitu atas pengetahuan, keterampilan dan sikap yaitu pembentukan karakter profil Pancasila yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis, berkebhinekaan global, bergotong royong dan kreatif dan peningkatan literasi, numerasi bagi jenjang dasar dan jenjang menengah yaitu pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik agar dapat hidup mandiri dan mengikuti Pendidikan lebih lanjut dapat tercapai.

Demikan artikel Kurikulum Merdeka,Pengertian dan Tujuannya semoga bermanfaat
#kurikulummerdeka,#kemdikbudristek,#pendidikan,#SDMI