√ Ringkasan Materi Tema 9 Kelas 5 SD~ Kurikulum 2013 - Ujian Sekolah

Ringkasan Materi Tema 9 Kelas 5 SD~ Kurikulum 2013

Ringkasan Materi Tema 9 Kelas 5 SD~ Kurikulum 2013

Pada kali ini ujiansekolah.com akan membuat ringkasan materi tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita Kelas 5 SD. Postingan ringkasan/rangkuman materi tema 9 ini diharapkan bisa membantu siswa dalam belajar dari rumah.
Ringkasan materi meliputi muatan pelajaran:
  • IPS
  • IPA
  • Bahasa Indonesia
  • PPKN
Catatan : Ringkasan materi dibagi beberapa halaman. untuk mengetahui halaman silahkan cek bagian bawah postingan, ada angka 1-9. Angka tersebut menunjukkan halaman. untuk akses halaman tinggal klik angkanya saja.

Muatan Pelajaran IPS
1.Kenampakan Alam di Indonesia

Kenampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Kenampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan wilayah perairan


a. Kenampakan alam wilayah daratan
Kenampakan wilayah daratan terdiri atas pegunungan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, pantai,dan tanjung
  • Pegunungan
    Pegunungan merupakan bagian dari daratan yang bentuknya bergunung-gunung. Ketinggiannya lebih dari 700 meter di atas permukaan laut. Daerah pegunungan selain cocok sebagai tempat berwisata, cocok juga untuk menanam buah-buahan dan sayur-sayuran. Nama PEgunungan di
  • Gunung
    Gunung merupakan bukit besar dan tinggi. Gunung memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan laut. Gunung terdiri atas gunung berapi (gunung aktif) dan gunung tidak berapi (gunung mati).
  • Dataran Tinggi
    Dataran Tinggi merupakan daerah datar yang memiliki ketinggian lebih dari 400 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi dapat dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Dataran tinggi juga sering dimanfaatkan sebagai tempat peristirahatan.
  • Dataran Rendah
    Dataran rendah adalah bagian dari daratan yang datar dengan ketinggian 0–200 meter di atas permukaan laut. Dataran rendah merupakan wilayah ideal untuk membangun pemukiman. Daerah ini sangat memungkinkan untuk membangun berbagai fasilitas, seperti jalan raya.
b. Kenampakan alam wilayah perairan
Kenampakan alam wilayah perairan memiliki keunikan dan manfaat tersendiri. Kenampakan wilayah perairan terdiri atas selat, laut, danau, pantai, dan sungai
  • Selat
    Selat adalah laut sempit yang menghubungkan dua pulau atau lebih.
  • Laut
    Indonesia memiliki wilayah laut yang luas.
  • Danau
    Danau merupakan cekungan yang berisi air yang sangat luas dan dikelilingi oleh daratan.
  • Pantai
    Pantai adalah bagian daratan yang berbatasan langsung dengan laut. Pantai merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan dalam negeri ataupun mancanegara
  • Sungai
    Sungai adalah aliran air yang besar di wilayah daratan. Sungai mengalir dari lembah menuju ke laut, danau, dan rawa
Muatan Pelajaran IPS
2.Jenis-jenis usaha perekonomian masyarakat
  • Agraris
    Usaha agraris adalah kegiatan produksi yang menggunakan lahan sebagai faktor produksi utamanya. Usaha agraris meliputi usaha perkebunan, perikanan, perternakan, dan pertanian. Usaha agraris dapat menghasilkan bahan pangan yang dapat langsung dikonsumsi. Misalnya, sayur-sayuran, buahbuahan, ikan, telur, susu, dan daging
  • Industri
    Industri adalah kegiatan mengelola barang mentah atau bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi.
  • Perdagangan
    Usaha perdagangan adalah kegiatan membeli barang kemudian menjual kembali tanpa mengolah barang tersebut dengan tujuan memperoleh keuntungan
  • Jasa
    Kegiatan jasa tidak menghasilkan barang karena kegiatan jasa merupakan usaha yang memberikan pelayanan kepada orang lain sesuai dengan kebutuhannya
  • Transportasi atau Pengangkutan
    Contoh usaha transportasi yaitu perusahaan pengangkutan barang atau orang melalui darat, laut, ataupun udara
  • Ekstraktif
    Ekstraktif adalah jenis usaha yang kegiatannya mengumpulkan, menggali, dan mengambil barang-barang yang sudah disediakan oleh alam. Misalnya, penangkapan ikan di laut,
Muatan Pelajaran IPA
Materi, Zat Tunggal, Dan Zat Campuran.

Materi adalah setiap objek atau segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Banyak jenis materi di lingkungan sekitarmu. Misalnya air, batu, pasir, tanah, kayu, besi, emas, plastik, dan oksigen atau udara. Materi yang banyak jenisnya tersebut dapat dikelompokkan menjadi benda padat, cair, dan gas.


Berdasarkan komponen penyusunannya, materi dibedakan atas zat tunggal dan campuran.
  1. Zat tunggal atau disebut zat murni adalah zat yang komponen penyusunnya hanya satu zat atau materi. Zat tunggal dapat berupa unsur dan senyawa.

    a.Unsur adalah zat kimia yang tak dapat dibagi lagi menjadi zat yang lebih sederhana. Ada dua jenis unsur, yaitu unsur logam dan nonlogam.Contoh unsur logam adalah perak, besi, emas, dan platina. Adapun contoh unsur nonlogam antara lain hidrogen, oksigen, nitrogen, dan karbon.

    b.Senyawa adalah zat tunggal yang terbentuk dari beberapa unsur. Contoh unsur senyawa adalah garam, air, dan gula.

  2. Zat campuran adalah zat yang komponen penyusunnya terdiri atas dua atau lebih zat atau materi. Berdasarkan sifatnya, zat campuran terdiri atas zat campuran homogen dan zat campuran heterogen.

    a. Zat Campuran Homogen adalah campuran yang terdiri atas dua materi atau zat yang dapat menyatu secara merata. Contoh campuran homogen antara lain sirop (campuran gula, pewarna, dan air), larutan oralit (campuran air dan garam), dan udara (campuran gas-gas).

    b. Zat campuran heterogen adalah campuran yang terdiri atas dua zat atau materi berbeda yang tidak dapat menyatu secara sempurna. Contoh campuran heterogen antara lain air kopi tumbuk, air dengan tanah, dan air dengan minyak.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Iklan

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. Pemberitahuan dilakukan supaya orang tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Iklan dapat disampaikan melalui media cetak, audio, dan elektronik.


Iklan memiliki unsur-unsur berikut.
  1. Nama produk
  2. Gambar yang menarik
  3. Kalimat iklan
  4. Keunggulan produk
  5. Harga produk
  6. Nomor telepon
  7. Alamat pengiklan

Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut:
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Iklan

Iklan elektronik banyak jenisnya. Tiga di antaranya yang akan kita pelajari saat ini. Ketiga jenis iklan tersebut adalah iklan radio, iklan televisi, dan iklan internet.

  1. Iklan Radio
    Radio merupakan media auditif yang bersifat atraktif. Artinya radio adalah media yang mengandalkan pendengaran untuk menyapa pendengarnya. Oleh karena itu, pemaparan iklan melalui media radio memiliki karakteristik atau ciri khas. Iklan di radio hanya dapat didengarkan melalui audio atau suara.

  2. Iklan Televisi
    Iklan televisi adalah iklan yang disiarkan melalui televisi. Iklan televisi sangat menarik karena merupakan kombinasi dari suara, gambar, dan gerak. Iklan televisi memiliki karakteristik, yaitu dapat dilihat dan didengar. Oleh karena itu, iklan yang disampaikan melalui televisi sangat menarik perhatian dan mengesankan.

  3. Iklan Internet Iklan internet adalah iklan yang ditampilkan melalui jaringan internet. Bentuknya beragam, ada iklan yang hanya dapat didengar, ada pula yang dapat dilihat sekaligus didengar.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Iklan


Unsur Iklan Agar Menarik Perhatian Masyarakat
  1. Perhatian (Attention)
    Iklan yang baik harus dapat menarik perhatian masyarakat umum.
  2. Minat (Interest)
    Setelah mendapat perhatian, unsur iklan harus ditingkatkan menjadi minat. Apabila minat sudah ada, maka akan timbul rasa ingin tahu secara rinci dalam diri konsumen.
  3. Keinginan (Desire)
    Iklan hendaknya mencakup cara untuk menggerakkan keinginan konsumen.
  4. Rasa Percaya (Conviction)
    Untuk mendapat rasa percaya dalam diri konsumen, sebuah iklan harus ditunjang berbagai kegiatan peragaan. Kegiatan peragaan di antaranya seperti pembuktian atau sebuah kata-kata.
  5. Tindakan (Action)
    Tindakan merupakan tujuan akhir dari produsen untuk menarik konsumen agar membeli atau menggunakan produk dan jasanya.


Tujuan iklan
  1. Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  2. Memengaruhi khalayak ramai tentang suatu produk jasa.
  3. Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk jasa yang diiklankan.
  4. Memberi informasi tentang produk jasa.
  5. Menarik khalayak ramai


Ciri-ciri iklan yang baik dan benar
  1. Informatif
  2. Komunikatif
  3. Bahasanya singkat dan padat
  4. Menarik
Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
Iklan


Iklan Media Cetak Iklan terdapat juga di media cetak seperti majalah, tabloid, surat kabar/ koran.Berikut ini iklan yang ada di surat kabar

1.Iklan Baris
Iklan baris yaitu iklan kecil (singkat) berisi penawaran/informasi tentang sesuatu yang terdiri atas beberapa baris saja. Iklan baris disebut juga iklan mini.

Ciri-ciri iklan baris yaitu:
  • Terdiri atas 2 sampai 3 baris. Informasi yang terkandung di dalamnya hanya informasi penting saja. Ditulis secara singkat, padat, namun jelas.
  • Dikelompokkan sesuai dengan jenis barang atau jasa yang ditawarkan.
  • Berupa kalimat-kalimat pendek dan biasanya menggunakan singkatan- singkatan untuk menghemat tempat.
  • Sebagian iklan baris dilengkapi dengan gambar ukuran kecil dan tidak berwarna.
  • Dilengkapi dengan nomor telepon penjual untuk dihubungi pembeli.
  • Tidak menggunakan ilustrasi grafis.
  • Biaya pemasangan tergolong murah karena tidak membutuhkan tempat yang lebar.


2. Iklan kolom
Iklan kolom adalah iklan yang pemuatannya memanfaatkan beberapa bagian kolom dari halaman surat kabar.

Ciri-ciri iklan kolom adalah sebagai berikut.
  • Terdiri atas ilustrasi/gambar/foto/bagan dan kata-kata.
  • Ukurannya lebih besar dari/pada iklan baris, bahkan ada yang penuh satu halaman koran.
  • Berisi penawaran, ajakan, dan bujukan untuk membeli produk/barang yang ditawarkan. Bisa juga berupa iklan pribadi atau keluarga


Agar dapat menarik perhatian khalayak, iklan dalam media cetak memiliki ciri-ciri bahasa sebagai berikut.
  1. Menggunakan bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  2. Menggunakan bahasa yang memikat dan memiliki daya sugesti.
  3. Menggunakan kata konotasi positif.
  4. Isinya bersifat objektif, jujur, singkat, jelas, dan menarik.

Muatan Pelajaran PPKN


Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Makna penting di dalam persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:
  1. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi antara satu dengan yang lain.
  2. Menjalin rasa kemanusian dan sikap saling toleransi serta rasa harmonis untuk hidup berdampingan secara rukun dan damai.
  3. Menjalin rasa persahabatan, kekeluargaan, dan sikap tolong-menolong antarsesama, serta sikap nasionalisme.
Dapat disimpulkan bahwa makna dari sebuah persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia, yaitu harus saling bahu-membahu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

Menghargai keanekaragaman mata pencaharian masyarakat
Caranya, antara lain sebagai berikut:
  • Tidak mencela dan merendahkan mata pencaharian orang lain.
    Mata pencaharian masyarakat di Indonesia sangat beragam, mulai dari pedagang asongan, pengamen, pegawai, karyawan swasta, hingga pengusaha. Apa pun pekerjaan orang lain, kita tidak boleh merendahkan.
  • Menghormati orang yang sedang bekerja.
    Kamu harus menghormati orang yang sedang bekerja, tidak peduli pekerjaan itu bagus atau tidak menurut kamu.
  • Menghargai pekerjaan orang lain.
    Apa pun pekerjaan orang lain harus tetap dihargai. Jangan pernah membeda-bedakan orang hanya berdasarkan pekerjaan saja.
  • Membiasakan membeli produk-produk lokal.
    Sebagai contoh, tetanggamu memiliki usaha produksi sandal dan tas. Jika kamu ingin membeli tas dan sandal, sebaiknya belilah produk dari tetanggamu.
  • Membiasakan mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri.
    Mengonsumsi makanan dan buah-buahan dalam negeri dapat mengangkat hasil pertanian masyarakat, sehingga secara tidak langsung dapat membantu menyejahterakan petani Indonesia.

2 komentar

  1. Bahan ajar bentuk ini cocok sebagai pegangan guru sebelum membuat RPP ataupun menyajikan pembelajaran kepada siswa di kelas .

    BalasHapus
  2. sangat bagus untuk mempermudah guru dan siswa dalam proses pembelajaran.

    BalasHapus