Sistem Pernapasan Manusia | Materi IPAS Kelas 5 SD

Sistem Pernapasan Manusia | Materi IPAS Kelas 5 SD

materi magnet IPAS Kelas 5 SD/MI kurikulum merdeka
Sistem Pernapasan Manusia | Materi SD
Pengajaran Topik A: Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari?
Materi Ajar IPAS Kelas 5
Salah satu ciri makhluk hidup adalah bernapas. Tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan bernapas? Coba kamu hirup udara sekuat-kuatnya, kemudian hembuskan! Kegiatan yang baru saja kamu lakukan disebut bernapas. Bernapas adalah menghirup udara bersih yaitu oksigen ke dalam tubuh dan menghembuskan udara kotor yaitu karbon dioksida dari dalam tubuh melalui hidung.

Organ pernapasan manusia terdiri atas hidung, faring, laring, trakea, bronkus,bronkiolus, dan paru-paru (alveolus).

  • 1. Hidung
    Udara masuk melalui lubang hidung ke dalam rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. Selain disaring udara yang masuk dilembapkan oleh selaput hidung.

  • 2. Faring
    Faring merupakan persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang.

  • 3. Laring
    Laring atau tekak (jakun) terdapat di bagian belakang faring. Laring terdiri atas sembilan susunan tulang rawan berbentuk kotak.

  • 4. Trakea (batang tenggorokan)
    Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia yang akan bergerak dan mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk.



  • 5. Bronkus
    Bronkus merupakan percabangan dari trakea serta terdiri atas bronkus kiri dan bronkus kanan.

  • 6. Bronkiolus
    Bronkiolus merupakan percabangan dari bronkus.

  • 7. Alveolus
    Alveolus terdapat di dalam paru-paru merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. Alveolus dikelilingi kapiler-kapiler darah. Alveolus berbentuk seperti buah anggur.

Alur Pernapasan Manusia
Udara masuk ke tubuh melalui hidung faring laring trakea bronkus bronkiolus alveolus


Demikian ringkasan materi tentang Sistem Pernapasan Manusia untuk mata pelajaran IPAS Kelas 5 SD/MI kurikulum merdeka
#KurukulumMerdeka,#IPAS,#IlmuPengetahuanAlamdanSosial,#PernapasanManusia,#SistemPernapasanManusia, #OrganPernapasanManusia,#OrganPernapasanManusiaDanFungsinya,#ProsesPernapasanManusia,#SistemPernapasanManusiaDanFungsinya, #UrutanPernapasanManusia,#HasilPernapasanManusiaAdalah,#PernapasanPadaManusiaAdalah,#SistemPernapasanManusiaApaSaja,#OrganPernapasanManusiaAdaBerapa,#AlatPernapasanManusia,#AlatPernapasanManusiaDanFungsinya,#AlurPernapasanManusia,#ApaItuSistemPernapasanManusia,#AlurSistemPernapasanManusia,#AlatPernapasanManusiaAdalah,#PernapasanManusiaBesertaFungsinya,#PernapasanManusiaBerfungsiUntuk,#PernapasanPadaManusiaBertujuanUntuk,#SistemPernapasanManusiaBesertaFungsinya,#AlatPernapasanManusiaBesertaFungsinya,#SistemPernapasanManusiaBahasaIndonesia,#BagianPernapasanManusia,#BagaimanaProsesPernapasanManusia,#BaganOrganPernapasanManusia,#Bagian-BagianDariSistemPernapasanManusiaAdalah,#OrganPernapasanManusiaContohnya,#AlatPernapasanManusiaDanContohnya,#RespirasiManusiaContoh,#AlatPernapasanManusiaContoh,#CaraPernapasanManusia,#ContohPernapasanManusia,#ProsesPernapasanPadaManusiaContoh,#CaraPernapasanManusiaDibedakan,#CaraMembuatAlatPeragaPernapasanManusia,#CaraKerjaAlatPeragaPernapasanManusia,#CaraKerjaSistemPernapasanManusia,#CaraMenjagaOrganPernapasanManusia,#CaraMenggambarOrganPernapasanManusia,#ContohSoalPernapasanManusiaKelas5,#CaraMenjagaKesehatanOrganPernapasanManusia,#CaraSistemPernapasanManusia,#ContohSoalSistemPernapasanManusia,#PernapasanManusiaDanFungsinya