Teks Ekplanasi ~ Materi dan soal latihan (Tema 6 Subtema 1 Pb 1~Kelas 5 SD/MI)

Teks Ekplanasi ~ Materi dan soal latihan (Tema 6 Subtema 1 Pb 1~Kelas 5 SD/MI)

Pada kesempatan kali ini website ujiansekolah.com akan menguraikan materi Tema 6 Panas dan Perpindahannya, Subtema 1 Suhu dan Kalor Pb 1~Kelas 5 SD/MI tentang teks ekplanasi dan sumber panas.

Teks Eksplanasi
Apa itu teks eksplanasi?
Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu proses atau peristiwa tentang asal usul, proses, atau perkambangan suatu fenomena, seperti fenomena alam, sosial, dan budaya. Adapun informasi dalam teks eksplanasi disajikan dalam sesuai fakta dan data.

Ayo kita baca teks eksplanasi sumber energi panas berikut ini !

Sumber Energi Panas

     Benda yang dapat menghasilkan energi panas disebut sumber energi panas. Sumber energi panas dapat kita jumpai di alam, salah satunya adalah matahari. Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Semua makhluk hidup memerlukan energi panas matahari. Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis. Makanan yang dihasilkan dari hasil fotosintesis menjadi sumber energi bagi makhluk hidup lainnya, termasuk manusia.
     Energi panas matahari dapat menerangi bumi sehingga udara di bumi menjadi hangat. Dalam kehidupan sehari-hari, energi panas matahari dimanfaatkan dalam berbagai kegiatan manusia. Misalnya, panas matahari digunakan untuk mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk mengeringkan pakaian yang basah.
     Cobalah kamu gosokkan kedua tanganmu selama satu menit! Apa yang kamu rasakan? sekarang, ambillah sebuah mistar plastik! Kemudian gosok-gosokkanlah pada kain yang kering selama dua menit! Lalu sentuhlah permukaan mistar plastik itu! Apa yang kamu rasakan? Setelah kamu melakukan dua kegiatan tersebut, apakah kamu merasakan panas? Energi panas dapat dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Pada kegiatan di atas, gesekan antara kedua telapak tanganmu dan gesekan antara mistar dan kain, dapat menimbulkan energi panas.
     Selain matahari dan gesekan antara dua benda, energi panas juga dapat diperoleh dari api. Pada zaman dahulu, orang mendapatkan api dengan cara menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Selain itu, nenek moyang kita dahulu menggunakan kayu kering lalu digosok-gosokkan dengan tanah yang kering sampai keluar api. Ternyata gesekan dua benda antara dua batu kering, dan gesekan antara dua kayu kering dapat menghasilkan energi panas berupa api. Saat ini api mudah dihasilkan dari korek api dan kompor.

(sumber teks: Buku Tema 6 Kelas 5 halaman 2)


Untuk lebih memahami teks bacaan teks eksplanasi sumber energi panas, silahkan jawab pertanyaan berikut ini !
  1. Apa yang kamu ketahui tentang sumber energi panas?
  2. Sebutkan contoh sumber energi panas yang ada di sekitar kita!
  3. Apa saja manfaat yang didapat makhluk hidup dari adanya energi panas matahari?
  4. Apa yang terasa jika kita menggesekkan kedua telapak tangan kita?
  5. Bagaimana nenek moyang kita bisa mendapatkan api?
Untuk pertanyaan dan jawaban ditulis dibuku tulis, selamat mengerjakan.