Mengenal Bilangan Pangkat Tiga ~ Matematika Kelas 5 SD/MI

Mengenal Bilangan Pangkat Tiga ~ Matematika Kelas 5 SD/MI

pangkat tiga

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang pangkat tiga. Ada yang tau apa itu pangkat tiga? Pangkat tiga dari suatu bilangan berarti perkalian beruntun bilangan tersebut sebanyak tiga kali. Pada materi sebelumnya kita sudah belajar tentang bilangan berpangkat 2. Masih ingatkah kamu dengan bilangan berpangkat dua? Bagaimana kamu menyebut bilangan berpangkat dua? Ya, kamu menyebutnya bilangan kuadrat.

Perhatikan bilangan-bilangan berikut!

4² = 4 ×4 = 16
7² = 7 × 7 = 49
4³ = 4 × 4 × 4 = 64
7³ = 5 × 5 × 5 = 343

Bilangan 16 dan 49 di atas merupakan bilangan kuadrat. Apakah bilangan 64 dan 343 juga bilangan kuadrat? Bukan, karena 64 merupakan bilangan hasil pemangkatan 3 dari bilangan 4. Sedangkan 343 merupakan bilangan hasil pemangkatan 3 dari bilangan 7. Bilangan yang demikian disebut bilangan pangkat 3 atau bilangan kubik.

Pangkat tiga dari suatu bilangan berarti perkalian beruntun bilangan tersebut sebanyak tiga kali.
Jika a adalah suatu bilangan bulat, maka pangkat tiga dari a adalah:
= a × a × a.

contoh :
  • 8³ = 8 x 8 x 8 =512
  • 2³ + 4³ = (2x2x2) + (4x4x4)
               = 8 + 64 = 72
untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan materi pangkat tiga pada video berikut ini !



setelah menyaksikan penjelasan materi bilangan pangkat tiga, saatnya kalian mengerjakan soal latihan. Soal latihan ini diperlukan agar kalian lebih memahami materi yang sudah disampaikan.
Silahkan klik tombol berikut ini untuk mengerjakan soal latihan.

#komputer,#laptop,#handphone, #hp,#android,#ujiansekolah,#AKMNumerasi, #AKM Literasi, #matematika,#soalonline,#banksoal,#soallatihan,#matematikasd,#ujianonline,#internet,#matematikakelas5