√ Metamorfosis Hewan ~ Ringkasan Materi Tema 5 Kelas 5 SD/MI (IPA) - Ujian Sekolah

Metamorfosis Hewan ~ Ringkasan Materi Tema 5 Kelas 5 SD/MI (IPA)

Metamorfosis Hewan ~ Ringkasan Materi Tema 5 Kelas 5 SD/MI (IPA)

metamorfosis hewan
Pada postingan kali ini website ujiansekolah.com membuat ringkasan materi pelajaran untuk kelas 5 tema 5 muatan pelajaran IPA. ringkasan materi pelajaran ini dibua untuk mempermudah siswa dalam mengingat kembali materi yang sudah pernah diajarkan. selain itu pula ringkasan materi pelajaran ini bisa dijadikan materi untuk proses pembelajaran di kelas.
Ringkasan materi Metamorfosis Hewan bisa diakses menggunakan handphone, android, laptop sehingga bisa dengan mudah untuk dipelajari.
Berikut ini ringkasan materi peajarannya

Daur hidup adalah seluruh tahapan pertumbuhan makhluk hidup. Pada hewan, daur hidup dimulai dari telur sampai dewasa. Daur hidup kupu- kupu, nyamuk, lalat, katak, dan belalang berbeda-beda. Hewan tersebut mengalami perubahan bentuk tubuh dalam pertumbuhannya.

Proses perubahan bentuk hewan ini disebut metamorfosis. Dalam daur hidupnya, tidak semua hewan mengalami metamorfosis. Contohnya adalah ayam, kucing, burung, dan kambing.

Berdasarkan prosesnya, terdapat dua macam metamorfosis, yaitu metamorfosis sempurna dan metamorfosis tidak sempurna.

a. Metamorfosis sempurna
Metamorfosis sempurna memiliki ciri-ciri:
  1. saat menetas bentuk hewan jauh berbeda dari induknya,
  2. mengalami masa pupa atau kepompong,
  3. urutan metamorfosis: telur ➟ larva ➟ pupa ➟ hewan dewasa.
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis sempurna yaitu kupu- kupu, nyamuk, dan lalat.

b. Metamorfosis tidak sempurna
Metamorfosis tidak sempurna memiliki ciri-ciri:
  1. saat menetas bentuk hewan sudah mirip induknya,
  2. tidak mengalami masa pupa atau kepompong,
  3. urutan metamorfosis: telur ➟ hewan muda ➟ hewan dewasa.
Contoh hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna yaitu jangkrik, lipas atau kecoak, belalang, dan capung.

Daur Hidup Kupu-kupu

Urutan metamorfosis kupu-kupu adalah telur menetas menjadi ulat, ulat berubah menjadi kepompong. Kemudian kepompong berubah menjadi kupu-kupu. Kupu-kupu merupakan hewan yang bermetamorfosis secara sempurna.

Tahap awal dalam daur hidup kupu-kupu adalah telur. Kupu-kupu biasanya bertelur sebanyak kurang lebih 200 butir, dan diletakkan di daun. Telur-telur ini diletakkan di daun karena daun adalah sumber makanan bagi ulat. Telur akan menetas menjadi ulat setelah 2 minggu sampai satu bulan.

Setelah dewasa ulat akan berubah menjadi kepompong. Periode kepompong ini berlangsung selama 2 minggu sampai beberapa bulan. Ada kepompong yang sangat menguntungkan, yaitu kepompong ulat sutera. Serat dari kepompong ulat sutera dapat dibuat kain sutera yang sangat mahal harganya.

Kupu-kupu yang baru muncul, sayapnya masih melipat. Setelah diam beberapa menit, sayap meluas dan kupu-kupu siap terbang. Kupu-kupu akan terbang untuk mencari makanan yang berupa nektar dari bunga. Kupu-kupu akan berkembang biak dan bertelur sehingga terjadilah daur hidup terus-menerus.

Daur hidup kupu-kupu: telur ➟ ulat ➟ kepompong ➟ kupu-kupu.


Daur Hidup Nyamuk

Jika nyamuk betina bertelur, telur nyamuk menetas menjadi jentik- jentik. Jentik-jentik berubah menjadi kepompong. Kepompong berubah bentuk menjadi nyamuk muda, dan kemudian menjadi nyamuk dewasa. Karena perubahan bentuknya mengalami tahap kepompong, maka nyamuk dikatakan mengalami metamorfosis sempurna.

Daur hidup nyamuk: telur ➟ jentik ➟ pupa ➟ nyamuk.

Daur hidup Lalat

Lalat mengalami metamorfosis sempurna. Lalat bertelur di tempat-tempat yang kotor, telur menetas menjadi larva, larva berkembang menjadi pupa. Selanjutnya pupa berkembang menjadi lalat. Lalat akan mencari makan di tempat yang kotor juga.

Daur hidup lalat: telur ➟ larva ➟ pupa ➟ lalat


Daur Hdup Katak

Katak termasuk hewan yang hidup di darat dan air. Hewan seperti ini disebut amfibi. Katak berkembang biak dengan bertelur. Katak juga mengalami metamorfosis. Akan tetapi, metamorfosis sempurna katak berbeda dengan kupu-kupu atau nyamuk. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tahap metamorfosis katak berikut.

Katak bertelur di dalam air. Telurnya berlendir sehingga terlihat seolah-olah melekat satu sama lain. Telur akan berubah menjadi berudu atau kecebong. Kecebong hidup di dalam air dan bentuknya menyerupai ikan. Selanjutnya, tumbuh sepasang kaki belakang dan sepasang kaki depan. Ekor kecebong semakin pendek seiring pertumbuhan kaki. Lama-kelamaan ekor kecebong akan menyusut dan akhirnya menghilang. Kecebong akan berubah menjadi katak muda. Selanjutnya, terus tumbuh menjadi katak dewasa. Katak dewasa sudah tidak berekor lagi.

Daur Hidup Katak : telur ➟ kecebong ➟ katak muda ➟ katak dewasa