Download Kisi-kisi soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Guru SD ~ pdf

Download Kisi-kisi soal UP (Uji Pengetahuan) PPG Guru SD ~ pdf

Dalam mempersiapkan ujian pengetahuan (UP) pada program pendidikan profesi guru (PPG), salah satunya adalah melihat kisi-kisi soal ujian yang akan dilaksanakan. Kisi-kisi ini sangat penting agar kita bisa memperiapkan materi yang akan diujikan. Karena kisi-kisi adalah peta distribusi soal dari berbagai topik atau pokok bahasan. Kisi-kisi juga disebut dengan blueprint atau table of specification.

Pada kesempatan kali ini website ujiansekolah.com akan berbagi kisi-kisi ujian pengetahuan (UP) PPG untuk guru sekolah dasar. Dalam kisi-kisi soal UP (ujian pengetahuan) terdiri dar beberapa komponen, seperti Capaian Pembelajaran (CPBS), Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK), materi/ topik, sub materi/ sub topik dan idikator.

berikut ini beberapa isi dari kisi-kisi soal up (ujian pengetahuan) dan komponenya

Capaian pembelajaran (CPBS)
Mampu melaksanakan tugas keprofesian sebagai pendidik yang memesona,yang dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian, dan kemurahhatian.

Capaian Pembelajaran Mata Kegiatan (CPMK) :
Membiasakan sikap cinta tanah air sebagai pendidik yang memesona dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Materi/ topik :
Sikap Cinta Tanah Air
sub materi / sub topik
Sikap nasionalisme.

Indikator :
1. Menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsanya dalam mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
2. Mempertahankan persatuan, kesatuan, serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara sebagai kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
3. Menjunjung tinggi keunggulan bangsa Indonesia dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
4. Mengembangkan sikap rela berkorban untuk kepentingan negara dan bangsa dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.
5. Menciptakan persamaan derajad, persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia, tanpa membeda-bedakan suku, keturrunan, agama, kepercayaan, jenis kelamin,kedudukan sosial, dan warna kulit dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik.

Adapun kisi-kisi soal UP UKMPPG Guru SD
  • Disajikan beberapa ragam teks peserta dapat menganalisis jenis teks yang disajikan
  • Disajikan teks satuan bahasa tertentu, peserta mampu menganalisis paragraf yang memenuhi npersyaratan paragraf yang baik.
  • Disajikan teks satuan bahasa tertentu, peserta dapat menganalisis satuan bahasa yang tepat.
  • Disajikan teks satuan bahasa tertentu, peserta mampu menganalisis struktur kalimat yang efektif.
  • Disajikan teks fiksi peserta dapat menggunakan struktur, jenis, dan kaidah pada teks fiksi teks fiksi

  • Disajikan teks puisi/cerita tertentu peserta dapat menganalisis struktur, jenis, dan kaidah berdasarkan teks nonfiksi yang disajikan.
  • Disajikan teks cerita peserta dapat menganalisis struktur/unsur dan makna cerita yang disajikan tersebut;
  • Disajikan narasi tentang kompetensi dasar struktur puisi/cerita dengan karakteristik konteks lingkungan sekolah tertentu, peserta dapat menganalisis tujuan, bahan ajar, sumber belajar, media, dan perangkat penialaian yang tepat
  • Disajikan teks puisi tertentu, peserta dapat menganalisis makna puisi yang sesuai dengan isi puisi/cerita tersebut.
  • Disajikan narasi tentang kompetensi dasar menulis puisi/cerita dengan tema tertentu berdasarkan konteks lingkungan tertentu (sep sekolah dll), peserta dapat menganalisis tujuan, bahan ajar, sumber belajar, media, dan perangkat penilaian yang tepat

  • Disajikan narasi tentang teori perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam PBM, peserta dapat menentukan teori perkembangan apa yang sesuai.
  • Disajikan narasi tentang teori perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam PBM, peserta dapat menganalisis teori perkembangan apa yang sesuai
  • Disajikan narasi PBM dengan kegiatan pembelajaran yang terkait dengan teori belajar, peserta dapat menganalisis teori
  • Disajikan narasi tentang kompetensi dasar Penilaian dan analisis hasil belajar, peserta dapat menentukan alat penilaian serta analisis hasil belajar untuk membantu peserta didik menguasai kompetensi tersebut.
  • Diberikan beberapa pernyataan tentang pengalaman dan pengetahuan tentang proses makan makanan, peserta dapat memilih rumusan tentang pencernaan yang tepat.
  • Diberikan fenomena tentang tekanan diastole/sistole, peserta dapat menafsirkan hal-hal yang terjadi pada bagian- bagian jantung
  • Disajikan cerita tentang dua orang yang menimba air dengan cara yang berbeda, yang satu menimba langsung dengan menggunakan tali satunya lagi menggunakan katrol, peserta dapat membandingkan besar keuntungan mekaniknya.
  • Disajikan data tentang kasus terjadinya bencana alam dipermukaan bumi, peserta dapat menganalisis proses alam Endogen atau Eksogen keterkaitan dengan bencana alam tersebut.
Untuk kisi-kisi lengkapnya bapak ibu bisa download linknya dibawah ini. file dalam bentuk pdf



DOWNLOAD

#kisi-kisisoal,#banksoal,#UKMPPGGuru,#Profesionalguru, #profesiguru, #PPGGuru,#profesional, #kisi-kisiujianppg,#kisi-kisippg