Soal TKP CPNS Tahun 2020

Soal TKP CPNS Tahun 2020

soal TKP CPNS
Salah satu materi uji dalam tes CPNS (Calon Pegawai Negeri SIpil ) adalah tes TKP (tes Kerakteristik Pribadi). Dalam tes karakteristik kepribadian (TKP) menguhi masalah integritas diri yang bertujuan untuk mengukur tingkat kebaikan atau ketulusan hati seorang pegawai dalam kesehariannya. pada soal TKP CPNS ini anda diminta untuk memilih jawaban yang paling baik diantara jawaban yang ada. dibawah ini merupakan contoh soal latihan yang bisa digunakan untuk melatih kesiapan anda dalam mengikuti seleksi tes CPNS.
Berikut ini soal TKP

1.Untuk memenuhi target kantor Anda agar setiap pegawai mengikuti pelatihan minimal sekali dalam satu tahun. Atasan Anda meminta Anda untuk mengikuti pelatihan yang tengah dibutuhkan oleh kantor, namun tidak sesuai dengan bidang yang Anda kerjakan dan biaya pelatihan tersebut sangat mahal. Dikarenakan adanya efsiensi anggaran pada akhir tahun, hanya sebagian dari biaya pelatihan tersebut yang bisa dibayarkan oleh kantor, sehingga sikap Anda atas pelatihan ini adalah.....
a. Mencoba meminta atasan untuk mempertimbangkan pelatihan yang lain dengan biaya yang lebih murah.
b. Mencoba berbicara dengan atasan untuk mencari pelatihan lain pada bidang yang sama namun dengan biaya yang lebih terjangkau sehingga seluruhnya bisa diganti oleh kantor.
c. Meminta atasan untuk mempertimbangkan pegawai lain untuk mengikuti pelatihan tersebut yang sesuai dengan bidangnya.
d. Menerima dengan senang hati karena suatu saat pelatihan tersebut pasti bermanfaat bagi organisasi.
e. Menerima dan mengikuti pelatihan tersebut tetapi meminta atasan agar semua biaya bisa diganti oleh kantor

2.Anda adalah seorang kepala RW di lingkungan perumahan Anda. Di lingkungan Anda tinggal, banyak sekali warga berkebangsaan asing atau ekspatriat yang sangat sibuk dengan pekerjaan masing-masing dan tidak pernah ikut pertemuan RW atau mengikuti komunitas. Hal apa yang akan Anda lakukan sebagai kepala RW?
a. Membuat imbauan dan pengumuman tertulis kepada seluruh warga agar ikut berpartisipasi di kegiatan masyarakat.
b. Mendatangi warga ekspatriat dan menyarankan untuk bisa ikut berpartisipasi di kegiatan masyarakat,
c. Menghubungi warga ekspatriat satu-satu melalui telepon atau aplikasi percakapan singkat yang berisi kewajiban bagi setiap warga untuk ikut pertemuan RW dan bergabung pada komunitas.
d. Memaklumi karena perbedaan budaya sehingga mereka tidak harus menyesuaikan dengan budaya timur.
e. Menegur warga ekspatriat dan menyuruh untuk ikut berpartisipasi pada pertemuan berikutnya karena warga merasa keberatan dengan ketidakhadiran mereka.


untuk soal beserta jawabannya silahkan klik tombol START untuk mulai berlatih soal online :
KLIK START

Start Test

Total Score

Good
Salah,semangat!!!..